Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

Image

Kesehatan adalah bagian penting dari kehidupan semua orang. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kesehatan, termasuk aktivitas fisik, diet, istirahat, dan penyakit.

Itulah sebabnya, penting untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kesehatan agar tidak mendapatkan virus atau penyakit. Satu di mana yang dapat dilakukan untuk dapat sehat adalah melakukan aktivitas fisik.

Jadi, aktivitas fisik adalah pergerakan anggota tubuh yang dapat menyebabkan energi. Sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik, mental, dan menjaga kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari.

Jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan setiap hari, antara lain, berjalan, berkebun, bekerja di taman, mencuci pakaian, mencuci mobil, mengepel lantai, naik turun tangga, dan lainnya.

Sedangkan jenis latihan yang dapat dilakukan, yaitupush-up, run atau jogging, bermain bola, berenang, senam, yoga, kebugaran, lift berat, dan kegiatan olahraga lainnya.

Dengan melakukan aktivitas fisik sekitar 30 menit sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru dan alat-alat tubuh lainnya. Jika kegiatan ini dilakukan setiap hari secara teratur, terukur, dan berkelanjutan, maka dalam tiga bulan ke depan akan merasakan hasilnya.

Ada beberapa manfaat jangka panjang yang dihasilkan dari melakukan aktivitas fisik secara teratur. Apa manfaat yang diperoleh?

Berikut ini adalah ringkasan manfaat jangka panjang dalam melakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti yang dilaporkan oleh Halaman SMA1DA.sch.id, Selasa (10/10/2020).

Ilustrasi olahraga. / Foto oleh Mintatdgt dari Pexels 1. Kontrol Berat Badan

Melakukan kegiatan secara teratur dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau membantu dalam penurunan berat badan. Itu karena aktivitas fisik dapat membakar kalori.

Semakin tinggi intensitas aktivitas fisik, semakin banyak kalori yang terbakar. Jika Anda tidak punya waktu untuk berolahraga secara teratur, lakukan kegiatan kecil dalam kehidupan sehari-hari kami

  1. Meningkatkan antusiasme, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi stres

Berjalan selama 30 menit dapat membantu mengurangi stres dan emosional. Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat terasa lebih santai dan lebih santai, dan lebih baik dalam penampilan dan dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Berolahraga di tempat senam atau berlari cepat selama 30 menit dapat membantu meningkatkan suasana hati kita. Aktivitas fisik merangsang produksi berbagai bahan kimia di otak yang terkait dengan perasaan bahagia dan relaksasi.

Latihan ilustrasi. Kredit: Pexels.com/andReCiacquadio 3. Meningkatkan Energi

Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan. Olahraga dan aktivitas fisik memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien.

Ketika jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien, itu akan memiliki lebih banyak energi untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

  1. Tingkatkan kualitas tidur

Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu seseorang untuk tidur lebih mudah atau lebih cepat. Hanya, cobalah untuk tidak berolahraga pada saat itu sudah larut malam.

Olahraga, peregangan, ilustrasi peregangan. (Gambar dengan skeeze dari Pixabay) 5. Merampingkan sistem reproduksi

Aktivitas fisik reguler membuat tubuh lebih pas dan lebih siap untuk melakukan aktivitas fisik dan mengurangi stres. Di antara penyebab utama sistem reproduksi disfungsi adalah kelelahan, stres, dan masalah kesehatan yang dapat dicegah dengan berolahraga secara teratur.

Pria yang berolahraga secara teratur tidak memiliki masalah dengan disfungsi sistem reproduksi daripada pria yang tidak berolahraga. Selain efek positif fisik, berolahraga secara teratur memiliki efek yang baik atau mental pada kesehatan, dalam bentuk kesadaran akan melaksanakan gaya hidup sehat.

  1. Menyenangkan

Aktivitas fisik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Kegiatan ini memberikan kesempatan untuk bersantai, menikmati alam atau hanya melakukan kegiatan yang membuatnya bahagia.

Aktivitas fisik juga dapat membantu terhubung dengan keluarga atau teman dalam kehidupan sosial yang menyenangkan.

Latihan ilustrasi. / Foto oleh Mentatdgt dari Pexels 7. Mengurangi Risiko Mengembangkan Penyakit Kronis

Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan mengurangi kadar trigliserida yang berbahaya bagi tubuh.

Selanjutnya, aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah. Itulah yang dapat mengurangi kekhawatiran kami terhadap stroke, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, depresi, berbagai jenis kanker, dan radang sendi.

  1. Tingkatkan kebugaran

Aktivitas fisik secara teratur memperkuat otot dan meningkatkan pasokan oksigen dan nutrisi ke jaringan sehingga sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien.

Ketika jantung dan paru-paru bekerja 100 persen dari potensi mereka, kelelahan yang akan terasa pada umumnya akan menurun secara signifikan.

Ilustrasi olahraga. (Foto oleh Alora Griffiths pada Unsplash) 9 meningkatkan daya tahan fisik

Orang yang biasanya melakukan aktivitas fisik secara teratur memiliki daya tahan fisik yang lebih lama untuk bekerja.

  1. Mencegah gangguan metabolisme

Gangguan metabolisme sering disebabkan oleh ketidakseimbangan biokimia seperti glukosa, kolesterol, trigliserida, gout, natrium, dll. Sebenarnya, pada tingkat normal, zat-zat ini diperlukan untuk membantu metabolisme tubuh.

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan keseimbangan biokimia tubuh.

Aktivitas fisik secara teratur / olahraga membantu meluncurkan aliran darah yang membawa oksigen dan menghilangkan racun (detoksifikasi) di seluruh tubuh sehingga membuat kulit segar dan halus.

  1. Tingkatkan imunitas

Aktivitas fisik rutin / olahraga teratur dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap virus atau penyakit, seperti batuk, influenza, dan penyakit lain yang berkaitan dengan saluran pernapasan.

Latihan ilustrasi. Kredit: Pexels.com/andreCiacquadio 13. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Penelitian yang dilakukan selama beberapa tahun pada pria dan wanita menunjukkan manfaat olahraga dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular telah dilaporkan menurun sekitar persen pada pria dan wanita yang melakukan aktivitas fisik.

14 Mengurangi risiko diabetes

Studi menunjukkan risiko mengembangkan diabetes tipe 2 berkurang dengan meningkatkan aktivitas fisik. Risiko diabetes tipe 2 sangat tinggi pada mereka yang kelebihan berat badan karena perubahan gaya hidup.

Dokter menyarankan aktivitas fisik yang dilakukan dengan sangat kuat untuk berkeringat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Penurunan berat badan yang dilakukan oleh perubahan jalan dalam diet sehat yang dikombinasikan dengan aktivitas fisik yang intens dapat mengurangi risiko diabetes pada pasien yang kelebihan berat badan.

Latihan ilustrasi. / Foto oleh Max Libertine pada Unsplash 15. Memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis

Osteoporosis adalah kelainan tulang degeneratif yang sering dialami oleh pria atau wanita paruh baya. Namun, lebih banyak osteoporosis terjadi pada wanita daripada dengan pria.

Penelitian tentang hubungan osteoporosis dan aktivitas fisik khusus pelatihan ketahanan, menunjukkan peningkatan kepadatan mineral tulang. Itulah yang dapat mengurangi risiko osteoporosis, terutama pada pria atau wanita paruh baya dan usia tua.

Aktivitas fisik juga dapat mengurangi risiko fraktur yang sering mempengaruhi usia. Orang yang aktif secara fisik memiliki risiko fraktur yang lebih rendah, dibandingkan dengan orang yang tidak aktif secara fisik.

  1. Meningkatkan kesehatan psikologis

Kesehatan psikologis atau mental tidak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik. Olahraga teratur juga disebutkan dengan sangat efektif untuk mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Kegiatan fisik dan mental tidak ada hubungannya dengan standar sosial atau ekonomi, tua atau muda dan atau seks. Pola ini diamati terutama pada wanita dan pria 40 tahun ke atas secara fisik.

Memperkuat tulang Ilustrasi Senam, Kayang (Foto oleh Rishikesh Yogpeeth On Unspash) 17. Tingkatkan Kesehatan Otak

Terlepas dari kesehatan mental di atas, kesehatan otak juga memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan. Sebuah penelitian menunjukkan kesehatan otak dapat ditingkatkan dengan aktivitas fisik, dan hasil aktivitas fisik dapat diwujudkan pada tahap kehidupan yang mempengaruhi kesehatan otak.

Written on November 28, 2021